How I ended up working in Australia

Kalo pertanyaan h-o-w biasanya jawabannya adalah prosedur atau cara kan ya. Tapi sebelumnya aku mau jelasin secara singkat tentang visa yang aku pakai untuk bisa kerja di Australia. Namanya Work and Holiday Visa atau disingkat WHV. WHV ini memungkinkan kita untuk kerja dan berlibur di Australia, percis lah kayak nama visanya. Ini itu kesepakatan pemerintah Indonesia sama Australia. Setiap tahun, Australia memberikan kesempatan untuk bekerja dan berlibur di Australia selama setahun kepada 1000 orang Indonesia. Yes, kuotanya 1000 per-tahun.
Kenapa visa ini menarik?
Karena kita bisa gampang kerja di Australia pake visa ini. Coba deh cek cara dan syarat pengurusan visa kerja ke negara-negara lain. Deuh ribetnya. Kita harus punya sponsor dulu di negara tujuan, sponsor ini biasanya berupa perusahaan yang udah mau nerima kita sebagai pegawainya. Dan mencari pekerjaan di luar negeri dengan ijazah Indonesia itu, gak mudah. Pake WHV, kita gak perlu cari kerjaan/perusahaan yang mau nerima kita dulu. Kita bisa nyari kerjaan pas udah nyampe di Australia. Jadi kita dikasih visa, ke Australia, baru cari kerjaan.

Persyaratannya apa aja?
Visa ini punya kuota per tahunnya, 1000 orang. Dan pendaftarannya buka setiap awal Juli, ditutup ketika kuota udah terpenuhi. Tahun ini, kuotanya ludes dalam waktu delapan JAM. HEHE.
Aku udah mantengin info tentang WHV ini dari bulan Juni. Mulai gabung ke grup Facebook, terus tiap ada yang buat grup di Whatsapp atau Line, aku selalu gabung. Sampe akhirnya bulan Juli dateng dan pendaftarannya ternyata diundur karena Asian Games. Orang imigrasi sibuk ngurusin itu.
Taaapi, meski aku udah ngumpulin niat untuk mulai mempersiapkan dokumen (yang gak simpel), aku belum tergerak untuk daftar IELTS. Entah kenapa, males banget rasanya kemarin. Males belajarnya, dan kalo gak belajar, sayang tesnya mahal, kalo hasilnya jelek, haduuuu :(
Padahal dari awal pendaftaran itu seharusnya buka Juli, tapi aku baru tes IELTS awal Agustus. Itupun baru belajar pas udah terlanjur daftar dan bayar, ya mau gak mau lah belajar.
Setelah tes, hasilnya keluar dua minggu. Aku tes 11 Agustus. Hasilnya keluar tanggal 24 Agustus. Aku deg-degan tiap hari mantengin updatean Instagram imigrasi, "Jangan buka dulu pendaftarannya, jangan…"
Selagi nunggu IELTS, aku ngelengkapin berkas lain, kayak SKCK dari Polda, ngambil Ijazah ke Padang (akhirnya aku ada motivasi untuk ke Padang setelah malas-malasan di Medan 3 minggu), dan persyaratan dokumen lainnya.
Selesai ngurus dokumen dan dapet sertifikat IELTS hari Senin, Senin sore aku baca updatean kalo WHV bakalan buka besoknya (Selasa), weeeeeew. Aku ditungguin atau cemana ini? Wkwkwk.
Aku siapin semua berkas dalam format dan ukuran sesuai persyaratan, mantengin laptop dari hari Selasa jam 6 pagi, pendaftarannya buka jam 8 pagi. Aku yakin ini traffic di webnya bakalan heboh. Bener aja, jam 8 teng aku refresh webnya, langsung down. Aku gak berhasil masuk. Long story short, aku berhasil tembus ke webnya jam 12 siang. 4 jam aku grasak-grusuk nengokin angka kuota yang makin nurun tapi form pendaftarannya masih gak bisa ku akses. Pas bisa, ternyata ngisi formnya cuma dikasih waktu 10 menit. Hadeeeeeeeeh. Kemaren itu udah pasrah aja, kalo emang gak dapet kuota tahun ini, yaudahlah. Walaupun pasti bakalan kesel karena untuk ngurus ini itu gak sedikit waktu dan biaya yang kukorbankan.
Akhirnya setelah gagal isi form sekali karena kehabisan waktu, aku berhasil dapat satu kuota jam 1 siang. Fuuuuuhhhhh legha.

Aku pilih waktu wawancara paling awal, 12 September.
Sebelum wawancara pun, ada lagi dramanya, yang mungkin gak akan aku ceritain disini.

Agustus daftar, September wawancara, Oktober visaku terbit, November aku berangkat ke Australia. Gak nyangka bakalan sekilat ini. Padahal beberapa bulan sebelumnya aku masih ragu-ragu. Pun setelah nyampe di Aussie, aku masih sering gumam, ini bener gak sih aku udah disini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 How do you write a love letter to a place? To a time? To bittersweetness?